Sunday, December 29, 2013

Penggunaan “a” dan “an”

1:24 PM

Penggunaan “a” dan “an”

Penggunaan “a” dan “an”.

“a” dan “an” adalah indefinite article. Aturan bakunya menyebutkan: “a” digunakan untuk kata berawalan huruf konsonan (consonants) seperti b, c, d, f, g, etc. dan penggunaan “an” digunakan untuk kata berawalan huruf vokal (vowels) seperti a, i, u, e, o. Aturan ini tidak berhenti begitu saja pada poin tersebut. Banyak pula yang yang mengasumsikan penggunaannya berdasarkan huruf depan saja (initial letters). Perhatikan bahwa penggunaan “a” dan “an” yang tepat sebenarnya berdasarkan ucapan (pronunciation), bukan ejaan (spelling).
Karena pengucapan honest man diawali oleh vowel sound (suara vokal, “o:”), maka kata depan yang tepat adalah “an”, kita dapatkan: an honest man. Kata habit menggunakan kata depan “a”, kita dapatkan: a habit, sebab pengucapannya diawali dengan consonant sound (suara konsonan). Jadi meski keduanya sama-sama diawali dengan huruf h, namun memiliki suara ucapan berbeda.
Hal ini juga terjadi pada huruf vokal yang diucapkan dengan suara konsonan. Misalnya, kata “union”, meskipun diawali huruf vokal, namun awalannya diucapkan sebagai suara konsonan “yu”. Jadi kata depan yang harus digunakan adalah “a”: a union. begitupula dengan kata university yang juga di awali dengan suara konsonan “yu”: a university. namun bagi kata umbrella, pengucapannya (pronunciation) di awali dengan huruf vocal “am” sehingga menggunakan “an”: an umbrella.

Penggunaan “a” dan “an” sebelum Singkatan Kata (Abbreviations)
Jika bersinggungan dengan huruf, maka fokusnya adalah pada cara pengucapan masing-masing huruf awal. Misalnya, tanpa disingkat, kita bisa mengatakan a North Vietnamese Army troop, untuk menggambarkan seorang anggota tentara Vietnam Utara pada jaman perang Vietnam dulu. Tapi ketika disingkat, maka menjadi: an NVA troop, sebab huruf “N” diucapkan dengan suara vokal “en”. Ini berbeda dengan singkatan yang diucapkan sebagai kata dan bukan per huruf.  Pada singkatan NATO, kata depan yang tepat adalah “a”, misalnya a NATO member, sebab singkatan tersebut diucapkan sebagai kata.

Another examples: an FBI agent (ef - bi - ai), a CSI (ci - es - ai), a SWAT agent, etc

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

2 comments:

 

© 2013 The English Camp. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top